Jumat, 31 Mei 2013

LELE MASAMO



Ada banyak strain benih lele di Indonesia yang telah di kembangkan untuk di budidayakan, dari lele dumbo (Clarias sp.) yang merupakan kawin silang lele Afrika vs lele lokal Thailand. Lele dumbo sendiri  diintroduksi ke Indonesia dekade tahun 1986, yang berhasil di kembangkan  pertama kali di Model Pembenihan Ikan Lele (MPIL) – Mojokerto. sejak pengembangan lele dumbo, Jawa Timur dikenal sebagai sentra dan pioneer pengembangan lele strain unggul di Indonesia.
Tahun 1990 salah satu PTN di Malang bekerjasama dengan salah satu institute Belanda kembali mengintroduksi Claries garienpinus dan  mengembangkan lele Paiton yang merupakan silangan Claries garienpinus vs Claries garienpinus.
Menyusul kemudian dikembangkan lele Phyton (Pandeglang) dan— Sangkuriang (BBAT Sukabumi-2007). Sangkuriang sendiri merupakan hasil penyilangan balik dari induk Dumbo betina F2 dan Dumbo pejantan F6.
Kebutuhan benih dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan —Stok benih, ada banyak pembudidaya yang melakukan pemijahan asal-asalan sehingga terjadi —Inbreeding (perkawinan satu keturunan) dampaknya yang terjadi benih yang mengalami penurunan kualitas : cebol, tubuh bungkuk dan bengkok dan boros pakan.
Penelitian-penelitian terus dilakukan  dan pengembangan lanjutan di tahun  2007-2010 ada strain-strain baru yang muncul seperti  lele G9, Clarias Gariepinus (lokal Afrika), Ghulam, Masamo, Dumbo Super, Black-Gray dan Red Paiton. Penelitian dan pengembangan ini menjawab atas kegagalan pembudidaya tradisional yang seringkali melakukan pemijahan asal-asalan.
Webblog Benih Lele paiton ini adalah informasi untuk menjawab pertanyaan pembudidaya lele di Indonesia yang seringkali bermasalah pada kwalitas benih, yang mudah terserang penyakit, pertumbuhan lambat, mudah lemas saat handling sortir maupun pengiriman luar kota.
Benih lele Paiton merupakan strain unggulan sehingga pembudidaya tidak perlu ragu atas kepastian panen dan memiliki nilai FCR yang rendah. untuk mendapatkan benih lele paiton wilayah Jabodetabek, silahkan kontak Plasma kami Omah Tani Maju yang berlokasi di Kranggan-Cibubur. Untuk kebutuhan luar Pulau Jawa, para pembudidaya dapat order melalui Fram kami yang ada di jawa Timur ataupun yang berada di Jakarta.
Setiap pembelian Benih luar pulau jawa / di atas 50 ribu ekor, kami memberikan sertifikat yang di keluarkan oleh hatcheri swasta dan harga yang kami tawarkan sudah termasuk ongkos kirim hingga bandara terdekat di kota tujuan.
Anda ragu atau memiliki kendala dalam budidaya lele, jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai permasalahan budidaya lele. call center  081945100081 atau: email omahtani.jkt@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar