Jumat, 31 Mei 2013

TIPS SUKSES PEMBESARAN MASAMO




Bagi yang baru pertama kali memelihara masamo mungkin akan mengalami takjub karena nafsu makannya sangat tinggi dibanding dengan strain lain yang berkembang saat ini. Ini memang benar adanya, logikanya semakin rakus semakin banyak makanan yang terserap, semakin banyak makanan yang terserap maka semakin cepat pertumbuhannya sehingga cepat panen. Maka memang benar adanya jika kami mengklaim bahwa masamo cepat besar dibanding strain lain. Akan tetapi disinilah bomerangnya bagi pembudidaya. Banyak petani yang memberikan porsi pakan masamo SAMA dengan porsi pakan strain lain, sehingga apa yang terjadi? yang terjadi adalah lele masamo akan kanibal terhadap lele lain yang kecil. Jika pembudidaya masamo tidak memberi porsi pakan yang "lebih banyak" maka bisa dimungkinkan kegagalan usaha akan merenggut pembudidaya dan atau masamo akan panen dalam waktu yang sama atau lebih lama dibanding strain lain. Oleh karena itu pembudidaya harus tahu "karakter" dari masamo. Kami memberi saran kepada pembudidaya pembesaran masamo untuk :
Memberi porsi pakan "SAMPAI KENYANG", sampai ikan tidak mau makan, sampai perut buncit seperti mau pecah. kondisi ini tidak mengapa bagi masamo karena  daya tahan tubuh lele masamo sangat bagus walau kondisi perut seperti mau pecah.  pemberian pakan minimal 4x sehari, dan jangan berpatokan pada konsumsi pakan 3%/berat biomass ikan, karena masamo bisa lebih dari standart itu.
Setiap memberi pakan, tambahkan immunostimulan pada pelet berupa bawang putih atau vitamin C dengan cara dibibisi. immunostimulan ini sangat penting peranannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan karena masamo lebih sering dalam kondisi perut kenyang. daya tahan tubuh ikan ketika lapar dan kenyang sangat berbeda.
Berikan probiotik untuk menekan FCR, penelitian membuktikan aplikasi probiotik dapat menekan FCR.
Perhatikan kualitas air karena semakin cepat konsumsi pakan maka pertambahan kotoran ikan pada air kolam akan semakin cepat lajunya.
Lakukan sortir, sortasi lele bisa menekan FCR dan membuat ikan seragam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar